h1

Taman Nasional Kerinci Seblat

Mei 12, 2009
Taman Nasional Kerinci Seblat

Kawasan TNKS merupakan hutan belantara tropis yang asli, mempunyai luas areal 1.368.000 ha. Terbentang di empat wilayah provinsi yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi. Empat puluh lima persen (45%) dari kawasan TNKS atau 422.190 ha. berada di wilayah provinsi Jambi membentang dari wilayah kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kerinci. Sedangkan pusat daya tarik kawasan TNKS terletak di kabupaten Kerinci dengan jarak ±491 km dari kota Jambi. Luas TNKS di Kabupaten Kerinci mencapai 215.000 ha. yang merupakan enclave terbesar didunia dan juga sebagai kawasan konservasi/hidrologi serta memiliki potensi alam berupa beraneka ragam hayati daerah tropis dan budaya yang sangat menarik.
Jenis fauna yang terdapat dikawasan TNKS terdiri dari berbagai jenis mamalia, burung, reptil, amphibi dan primata serta beberapa satwa langka yang dilindung. Tak kalah menarik dari itu semua adalah terdapat berbagai jenis flora yang mencapai sekitar 4000 spesies, yang spesifik diantaranya adalah Pinus Mercusii Strain kerinci, Kayu Pacet (Harpullia Arborea) yang memiliki warna yang sangat menarik. Bunga raflesia (Raflesia Arnoldi), Bunga Bangkai (Amorphophalus Titanum) yang merupakan bunga tertinggi di dunia.
Kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli ini dikelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang kebudayaan, rekreasi dan pariwisata. Sedangkan fungsinya sebagai penyangga sistim kehidupan, pengawasan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
Dikawasan ini terdapat gunung vulkano aktif tertinggi di pulau Sumatera yaitu Gunung Kerinci (3.805m dpl). Kawasan TNKS banyak memiliki objek wisata yang mengagumkan seperti danau dan air terjun.

Gunung Kerinci

Merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatra dengan ketinggian 3.805 m dari permukaan laut. Gunung ini memiliki banyak misteri dan keunikan dan merupakan gunung api tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Luas kawah yang dimiliki berukuran ± 580m x 600 m dengan kondisi air kawah yang berwarna hijau kekuning-kuningan. Suhu terendah diatas puncak gunung mencapai 5 C.Untuk mencapai puncak gunung diperlukan waktu 8 – 10 jam dengan pemberhentian (shelter) sebanyak 4 buah. Sesampainya di puncak gunung ini akan terlihat panorama alam yang menakjubkan, indah dan menarik. Untuk mencapai Gunung Kerinci dari Kota Sungai Penuh harus menempuh jarak sekitar 49 km.

Danau Gunung Tujuh

Secara ilmiah danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi dimasa lampau. Danau terindah di Kerinci ini berada di ketingggian 1.996m dpl dan merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini berukuran panjang 4,5 km dan lebar 3 km yang dikelilingi oleh 7 buah gunung dengan puncak tertinggi 2.732 m dpl. Kawasan danau ini termasuk kawasan TNKS yang menjadi salah satu sumber keanekaragaman hayati. Objek wisata petualangan alam ini sering dijadikan sebagai tempat berkemah bagi mahasiswa, pelajar dan wisatawan. Daya tarik kawasan ini meliputi keindahan alam yang mempesona serta udara yang sejuk dan bersih. Objek wisata ini berjarak ± 51 km dari Kota Sungai Penuh.

Danau Belibis

Danau yang memiliki luas ± 2 hektar ini terletak di lereng gunung Kerinci dan merupakan danau vulkanik yang menawan. Kondisi alam pegunungan yang masih asli dan merupakan salah satu objek wisata yang mempunyai daya tarik khusus untuk dikunjungi.
Danau yang indah ini merupakan tempat minum berbagai jenis satwa dan tempat berkumpulnya belibis. Danau Belibis dapat dicapai melalui desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru. Jarak dari Kota Sungai penuh ± 52 km.

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan danau terbesar yang terdapat di kabupaten Kerinci dengan luas 4.200 ha. Dari sepanjang pantai danau dapat dilihat pemandangan yang indah ke tengah danau dimana perahu-perahu nelayan yang sedang menangkap ikan. Danau ini oleh sebagian masyarakat disekitar danau menjadi tumpuan tempat mencari nafkah dalam memenuhi ikan bagi masyarakat Kerinci. Penangkapan ikan dilakukan secara tradisional, diantaranya yang sangan unik adalh penangkapan ikan dengan menyelam yang dilakukan pada malam hari tanpa menggunakan alat Bantu pernafasan (tabung oksigen).
Kawasan danau merupakan tempat rekreasi yang menarik, seperti memancing, berenang, dan juga perkemahan. Berbagai aktivitas lain dapat dinikmati sambil menyantap makanan khas danau yang teredia direstoran-restoran sekitarnya. Danau ini terletak ditengah lembah kerinci yang berjarak 16 km dari Kota Sungai Penuh.

Danau Lingkat

Danau yang masih alami ini terletak dipinggir hutan TNKS yang berdekatan dengan Desa Lempur Mudik. Luasnya lebih kurang 12 ha pada ketinggiam 1.100 m dpl. Untuk mencapai objek wisata ini dapat menggunakan bus umum. Hal yang menarik pada objek wisata ini, yakni masih dapat didengar suara binatang seperti siamang dan yang lainnya ketika matahari mulai bersinar. Menjelajahi danau dengan rakit dan melihat batu yang unuk berwarna warni didasar danau yang dapat dilihat dari dari permukaan air.

Air Terjun Telun Berasap

Air terjun Telun Berasap merupakan objek wisata yang terletak diperbatasab kabupaten Kerinci dengan kabupaten Solok SUmatera Barat. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Jarak dari kota Sungai Penuh 60 km. Sumber air terjun ini berasal dari danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian lebih kurang 50 m. Objek wisata ini merupakan suatu kawasan yang sangat menarik. Banyak dikunjungi wisatawan domestic dan wisatawan asing. Butiran-butiran uap air yang menyerupai asap dan pelangi yang berwarna indah tatkala matahari memantulkan sinarnya ikut menghiasi air terjun. Untuk mencapai lokasi dekat dengan air terjun harus melalui tangga yang telah ditata dengan baik.

Air terjun Pancaro Rayo dan Pancuran Gading

Daya tarik air terjun berketinggian lebih kurang 150 meter ini berupa hujan embun yang tervipta akibat ketinggiannya serta kolam pemandian alam yang unik dan menarik. Kondisi hutan diekelilingnya relatif alami dan merupakan habitat tumbuhan rotan yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan meubel dan kerajinan lain. Desa lempur Danau dan Desa Pulau Tengah merupakan dua desa yang berdekatan dengan objek wisata ini.

Sumber air panas Semurup

Objek ini terletak di desa Air Panas kecamatan Air Hangat sekitar 11 km dari kota Sungai Penuh. Air panas yang keluar dari pwut bumi merupakan hasil kegiatan vulkanik, dengan luas permukaan lebih kurang 15 km2 membentuk sebuah kolam kecilyang selalu mengepulkan uap.
Pengunjung dapat merebus telur dan pisang serta berendam guna penyembuhan penyakit kulit.

Air terjun Tujuh Tingkat

Bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan cross countryatau wisata alam objek wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan itu. Untuk mencapai objek ini wisatawan harus melewati hutan produksi kayu manis dan hutan lindung. Tingkat pertama tingginya sekitar 6 meter yang merupakan air sungai yang jatuh pada tebing terjal.

SUMBER : GOOGLE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: